Terima kasih atas dukungan teman - teman sehingga blog ini bisa menjadi juara 3 di Akademi Meteorologi dan Geofisika::.Info 43 D.::Pengumuman untuk Taruna AMG bahwa Ujian Semester tanggal 21 Juli 2009 ::.Info 43 D.::

Rabu, 28 Januari 2009

.:: Gerhana Matahari 26 Januari 2009 ::.


Wah ada gerhana matahari di indonesia loh.
fenomena ini jarang sekali terjadi.
Untung saja pada gerhana kali ini bisa di saksikan oleh seluruh masyarakat indonesia.
Mulai dari Banda Aceh sampai Ambon. Tetapi sangat beruntung masyarakat yang tinggal di Lampung, Samarinda, dan Teluk betung, karena bulan menutup hampir seluruh bagian matahari.

Gerhana matahari terjadi ketika posisi Bulan terletak di antara Bumi dan Matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer.

jenis gerhana ini adalah jenis gerhana ini adalah gerhana matahari anular (bukan total) artinya ukuran bulan tidak cukup besar untuk menutupi seluruh priringan matahari berbeda dengan gerhana matahari total dimana bulan menutupi seluruh piringan matahari. Jadi, untuk melihatnya, perlu digunakan lensa pelindung mata, serta bagi fotografer, ingat untuk melindungi lensa kameranya sebelum mengabadikan fenomena langka ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Meteorologi 43 D © 2009. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute