Terima kasih atas dukungan teman - teman sehingga blog ini bisa menjadi juara 3 di Akademi Meteorologi dan Geofisika::.Info 43 D.::Pengumuman untuk Taruna AMG bahwa Ujian Semester tanggal 21 Juli 2009 ::.Info 43 D.::

Rabu, 28 Januari 2009

.:: Jenis - Jenis Awan ::.


Awan adalah gumpalan uap air yang terapung di atmosfir. Ia kelihatan seperti asap berwarna putih atau kelabu di langit.
Jika kita melihat langit disaat cuaca cerah, kita akan melihat awan berbagai bentuk bagaikan lukisan di atas kanvas. Baik bentuk dan ketebalan awan tergantung dari ketinggian, tenaga dan tekanan udara yang membentuknya.

Kumpulan-kumpulan awan berdasarkan bentuk dan ketinggiannya dapat dibedakan tiga macam yaitu awan rendah, awan sedang, dan awan tinggi. Klasifikasi awan ini dilakukan pertama kali oleh Luke Howard (1722-1864).

Jenis-jeni awan.

  • Awan rendah ketinggiannya di bawah 2.000 m. Terdiri dari awan Nimbostratus dan awan Stratus. Awan stratus di sebut juga awan berlapis terbentuk saat massa udara hangat perlahan naik dan menyebar diatas massa udara dingin. Awan Nimbpstratus berwarna abu-abu dan mengindikasikan akan turun hujan.
  • Awan ketinggian sedang ketinggiannya antara 2.000 sampai 6.000 meter. Terdiri dari awan awan Altocumulus dan awan Altostratus. Awan Altocumulus berkepul-kepul, tidak rata dan berlapis, menandakan keadaan cuaca yang baik.
  • Awan tinggi ketinggiannya 6.000 meter keatas. Terdiri dari awan Cirrocumolus, Cirrus, Cumulonimbus dan Cirrostratus. Awan Cirrus tampak seperti helaian putih yang tipis seperti pita, awan Cirrus ini terbentuk di Troposfer pada ketinggian 11.000 meter dan terbuat dari kristal es yang dingin.
Sumber: wikipedia, enhantedlearning.com

1 komentar:

  1. Pemanasan global mungkin tidak bisa dihentikan dalam era globalisasi ini, mungkin kita hanya bisa mengurangi penyebabnya.Jika dilihat dari jumlah polutan penyebab Global Warming, sangat berguna bila kita sedunia memiliki jadwal untuk "menidurkan" mesin-mesin pabrik secara bergiliran karena perbandingan jumlah pabrik/mesin-mesin hampir seimbang dengan penetralisir CO2, yaitu tumbuhan. Mungkin dengan tidurnya mesin-mesin itu hanya dengan 1 hari saja sudah menghasilkan O2 lebih daripada tidak sama sekali...

    BalasHapus

Meteorologi 43 D © 2009. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute