Terima kasih atas dukungan teman - teman sehingga blog ini bisa menjadi juara 3 di Akademi Meteorologi dan Geofisika::.Info 43 D.::Pengumuman untuk Taruna AMG bahwa Ujian Semester tanggal 21 Juli 2009 ::.Info 43 D.::

Jumat, 30 Januari 2009

.:: Termometer dalam Sangkar Meteorologi ::.

Thermometer Bola Basah-Bola Kering
Thermometer Bola Kering merupakan alat ukur suhu udara di permukaan yang diamati setiap jam pengamatan, Dari 2 thermometer ini dapat kita ketahui data RH dan TD.
Perawatan Thermometer Bola Basah-Bola Kering:

  • Pemeriksaan harus dilakukan secara periodik minimal 1 bulan sekali.
  • Hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan Psychrometer Bola kering-Bola Basah adalah Bulb thermometer yang harus selalu bersih dari debu, kotoran, lumut atau kapur. Perawatannya dengan cara mengelap/mengikir menggunakan lap bersih/ pisau kater.
  • Kain muslin dipasang 2 cm diatas wet-bulb thermometer (diameter bulb adalah 1 cm).
  • Kain muslin yang harus diganti bila telah kotor, lapuk, berlumut/ berkapur.

Thermometer Maksimum
Thermometer Maksimum berfungsi untuk mengukur suhu maksimum yang terjadi dalam 1 hari dan diamati setiap jam 12:00UTC atau jam 19:00WIB.
Hasil baca suhu maksimum harus lebih tinggi atau serendah-rendahnya sama dengan suhu udara hasil pembacaan dari thermometer bola kering yang tertinggi pada hari yang bersangkutan.
Pengamatan suhu udara maksimum :


  • Baca thermometer maksimum dengan cepat dan cermat sampai persepuluh derajat terdekat,
  • Setelah dibaca, keluarkan thermometer dengan hati-hati,
  • Pegang bagian ujungnya dengan baik dimana bagian bolanya ada dibawah,
  • Ayun/ Dikibas-kibaskan thermometer tsb berulang-ulang dengan lengan tetap lurus sampai air raksa yang terputus tersambung kembali dengan sempurna,
  • Kembalikan thermometer maksimum tsb ketempatnya semula dengan hati-hati,
  • pada saat mengembalikan, Thermometer maksimum harus dipegang dangan dua tangan sedikit miring dengan bagian bolanya lebih rendah dan bagian bolanya diletakkan terlebih dahulu kemudian baru bagian ujung tabungnya,

Thermometer Minimum
Thermometer Minimum berfungsi untuk mengukur suhu minimum yang terjadi dalam 1 hari dan diamati setiap jam 00:00UTC atau jam 07:00WIB.
Hasil baca suhu minimum harus lebih randah atau setinggi-tingginya sama dengan suhu udara hasil pembacaan dari thermometer bola kering yang terendah pada hari yang bersangkutan.
Pengamatan suhu udara minimum :
  • Pada pengamatan suhu minimumskala yang dibaca adalah skala yang ditunjuk oleh ujung indeks yang terletak lebih jauh dari bola thermometer,
  • Baca thermometer minimum dengan cepat dan cermat sampai persepuluh derajat terdekat,
  • Setelah dibaca, keluarkan thermometer dengan hati-hati,
  • Pegang termometer dan miringkan denga bolanya berada lebih tinggi agar indeksnya meluncur kebawah sampai berhenti menempel pada minikus(alkohol),
  • Kembalikan thermometer maksimum tsb ketempatnya semula dengan hati-hati,
  • pada saat mengembalikan, Thermometer minimum harus dipegang dangan dua tangan sedikit miring dengan letak bolanya lebih tinggi dan bagian ujungnya diletakkan terlebih dahulu kemudian baru bagian bolanya diletakkan dengan hata-hati agar ujung indeks tetap menempel pada minikus.

6 komentar:

  1. permukaan apa nie yg diukur???

    permukaan bumi bisa g??

    BalasHapus
  2. selain termometer, alat-alat meteorologi apa saja yg ditempatkan dalam sangkar meteorologi? btw thanks infonya, salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada Thermograf & Pichi
      Seperti panci penguapan terbuka, alat ini digunakan sebagai pengukur penguapan secara relatif. Maksudnya, alat ini tidak dapat mengukur secara langsung evaporasi ataupun evapotranspirasi yang sesungguhnya terjadi. Hasil pembacaannya sangat tergantung terhadap angin, iklim dan debu.

      Pada prinsipnya Piche evaporimeter terdiri dari:

      Pipa gelas yang panjangnya + 20 Cm dan garis tengahnya + 1,5 Cm. Pada pipa gelas terdapat skala, yang menyatakan volume air dalam Cm3 atau persepuluhnya. Ujung bawah pipa gelas terbuka dan ujung atasnya tertutup dan dilenghkapi dengan tempat menggantungkan alat tersebut.
      Piringan kertas filter berbentuk bulat. Kertas ini berpori-pori banyak sehingga mudah menyerap air. Kertas filter dipasang pada mulut pipa terbuka.
      Penjepit logam, yang berbentuk lengkungan seperti lembaran per. Per ujung yang melekat disekeliling pipa dan ujung lainnya berbentuk sama dengan diameter pipa.

      Hapus
  3. Hasil dari data ombrometer maksimum dan minimum apakah menghasilkan teperatur? dan apakah data tersebut dikolaborasi menjadi satu? dan bgamaimana rumusnya?

    Trim's

    Wardoyo

    BalasHapus
  4. uraiannya menarik nih..salam kenal ya..

    BalasHapus

Meteorologi 43 D © 2009. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute